Artificial Heart



Kita sudah mengetahui mengenai AI (Artificial Intelegence), humandroid, dan lain sebagainya dari banyak sekali film bergenre Sci-Fi atau Action, sebut saja Terminator salah satunya. Pada masa sekarang hal-hal seperti itu sudah bisa dihadirkan dalam dunia nyata, walaupun tidak sesempurna yang ada di dalam film. Teknolohi artificial sendiri juga telah dikembangkan sejak lama. Salah satu produk artificial yang telah lama ada adalah Artificial Heart.



Artificial Heart atau jantung buatan telah dikembengkan oleh berbagai negara, contohnya Perancis, Cina dan Amerika. Banyak prototipe yan telah dihasilkan dari penelitian negara-negara tersebut, salah satu nya adalah Phoenix-7, yang dibuat oleh seorang dokter gigi asal Taiwan  bernama Kelvin K. Cheng, seorang dokter Cina bernama T. M. Kao, dan rekan-rekannya di Taiwan TAH Research Center di Taiwan, Republik Cina (Taiwan).

Jantung buatan telah lama digunakan dalam dunia kedokteran di banyak negara, trutama negara maju. Salh satu fungsinya adalah sebagai pengganti jantung pasien yang harus diangkat, tapi belum menerima donor jantung. Jantung buatan ada yang digunakan sementara (biasanya sampai pasien menerima donor jantung) dan ada yang digunakan secara permanen. Jantung buatan bekerja dengan memanfaatkan baterai yang dihubungkan melalui kabel.




Jantung buatan telah ada sejak lama dan telah banyak digunakan dalam dunia kedokteran. Manusia telah berhasil membuat mesin bermekanisme jantung, apakah organ-organ penting lainnya juga bisa dibuat versi artificialnya ya?

Comments

Popular

Self Manipulation

My Digital Art